Tips Memilih Macam-Macam Hidangan Pernikahan

Pernikahan merupakan momen penting dan menyenangkan dalam kehidupan. Pada acara pesta pernikahan, beberapa hal yang perlu disiapkan secara masak. Diantaranya ialah permasalahan makanan atau catering. Kesempatan ini, kami akan membahas sekitar panduan catering pernikahan, langkah pilih menu yang pas.

Dalam pikiran beberapa tamu undangan, acara pesta pernikahan sama dengan makanan sedap. Menyajikan makanan nikmat ialah poin utama yang perlu jadi perhatian pemilik acara pesta. Sebab, kesedapan sajian akan memberikan kepuasan pada beberapa tamu undangan. Hal itu yang jadi tanda keberhasilan satu acara pesta pernikahan.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut tips memilih menu catering menurut situs Siskini Blog agar para tamu senang :

Tips Memilih Macam-Macam Hidangan Pernikahan

 

1. Menyesuaikan Menu dengan Tema Pesta Pernikahan

Apa topik pernikahan Anda? Apa tradisionil, atau internasional? Bila pernikahan Anda bertopik tradisionil, suguhkanlah menu yang dikuasai dengan makanan ciri khas wilayah. Beberapa salah satunya seperti sate, bakso, siomay, dan yang lain.

Tetapi, bila pernikahan Anda bertopik internasional, karena itu sajian juga berlainan kembali. Menu lebih condong ke beberapa jenis makanan seperti kebab, steak, dan menu internasional yang lain.

 

2. Menentukan Jumlah Makanan

Dalam acara pesta pernikahan, membuat jumlah makanan ialah hal yang tidak kalah penting. Kalkulasilah daftar tamu undangan untuk memperoleh jumlah makanan. Bila telah dihitung, persiapkanlah menu lebih beberapa dari jumlah tamu undangan. Seharusnya siapkan jatah 2x lipat. Misalkan, tamu undangan 500 orang, karena itu sediakanlah makanan untuk 1000 orang.

Tetapi, umumnya cuman seputar 85% sampai 90% saja tamu undangan yang datang. Jadi, angka 1000 dapat Anda turunkan 85%-90%.

 

3. Menyediakan Menu yang Bevariatif

Daging ialah menu yang spesial. Tetapi, bila seluruh menu yang disajikan ialah daging, karena itu makanan akan berasa menjemukan. Oleh karena itu, anekaragamkanlah menunya. Maksudnya supaya beberapa tamu undangan bisa pilih dengan bebas menu makanan yang mereka gemari.

Jangan lupa menyediakan menu camilan. Anda dapat pilih menu yang simpel saja. Untuk camilan, Anda dapat pilih es cream, kue anak kecil, puding, dan ada banyak yang lain.

 

4. Memilih Menu yang Disukai Banyak Orang

Pastikan Anda pilih menu makanan yang telah dikenali oleh beberapa orang. Jauhi opsi menu aneh yang kurang dekat untuk warga seputar. Janganlah lupa untuk pilih makanan yang tidak menyusahkan waktu dikonsumsi. Sebab, banyak orang condong lebih senang dengan makanan yang ringkas.

Beberapa menu yang perlu dijauhi seperti iga atau ikan berduri. Tulang iga dan duri umumnya mempersulit beberapa tamu. Berkaitan ikan, Anda dapat membuat durinya lunak dengan dipresto.

5. Samakan Menu dengan Wilayah Asal Ke-2 Pasangan Pengantin

Kebanyakan menu pesta pernikahan disamakan dengan tempat asalnya ke-2 pasangan pengantin. Menu yang disajikan umumnya ambil masakan ciri khas wilayah semasing. Misalkan, bila Anda berawal dari Palembang, dapat memasukkan menu seperti tekwan dan pempek.

Menu makanan ciri khas wilayah tidak kalah sedap dibanding beberapa menu ciri khas luar negeri. Masakan ciri khas Indonesia kaya rempah. Jadi, jangan sangsi untuk pilih beberapa menu terhebat ciri khas wilayah. Kecuali sedap, dapat tingkatkan kepuasan beberapa tamu undangan.

 

Itulah tips catering pernikahan sekitar pilih beberapa macam sajian yang pas. Tetapi, sebaiknya, penyeleksian menu disamakan dengan anggaraning. Janganlah lupa untuk memperhatikan banyaknya. Sebab, sedap saja tidak cukup.

Jika jumlah jatahnya kurang, pasti berpengaruh pada kekecewaan beberapa tamu. Jadi, di antara kesedapan menu, harus lurus sebanding dengan porsi jumlah yang sesuai beberapa tamu undangan.

Leave a Reply