Pijat Saat Pegal-Pegal Apakah Diperbolehkan?

Salah satunya langkah baik untuk menangani pegal ialah diurut atau dipijat. Tetapi, apakah benar diurut waktu pegal dapat dibuktikan efisien? Atau mungkin hanya sugesti?

Buat beberapa orang, pegal atau yang di dunia kedokteran disebutkan myalgia, telah jadi rekan setiap hari. Beberapa langkah juga dilakukan untuk singkirkan rasa kaku serta ngilu itu dari badan. Diantaranya ialah manfaatkan jasa pijat panggilan Medan.

Nah, dari banyaknya langkah, pijat atau urut waktu pegal jadi langkah yang tersering dilaksanakan. Lalu, bagaimana efektivitasnya?

Bicara masalah efektivitas cara urut, beberapa riset memperlihatkan jika cara tradisionil itu memang bisa jadi penyembuhan pilihan untuk kurangi pegal-pegal.

Serta, tidak hanya rasa pegal yang bisa diredakan, cara pijat dapat menolong kurangi kekhawatiran serta depresi! Dalam kata lain, pijat bisa mengurangi semua kemelut otot dan kemelut pemikiran.

Kemelut otot sendiri, menurut dr. Reza Fahlevi, sebetulnya berasal dari penimbunan asam laktat di otot. Penimbunan asam laktat itu berlangsung karena pemakaian otot terlalu berlebih.

“Otot memerlukan energi dalam jumlah yang banyak untuk berkontraksi. Untuk membuahkan energi, otot merusak cadangan gula yang ada dalam otot (glikogen). Pada kondisi kekurangan oksigen, pemecahan gula otot ini membuahkan asam laktat. Berikut yang pada akhirnya mengakibatkan rasa pegal,” kata dr. Reza.

 

Diurut dengan Minyak Herbal

Meskipun diurut bisa menurunkan rasa pegal, umumnya cara itu tidak optimal jika tidak memperoleh bala pertolongan lain. Contohnya, pemakaian minyak fundamental serta rendaman air hangat.

Salah satunya minyak yang dipercayai bisa mengoptimalkan cara pijat dalam menurunkan rasa pegal serta ngilu ialah minyak kutus kutus. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, minyak kutus kutus bisa menolong kurangi ngilu dibagian punggung bawah, ngilu otot, dan ngilu kepala.

Bonusnya lagi, aroma dari minyak kutus kutus dapat merangsang skema limbik di otak, hingga bisa turunkan depresi serta menyingkirkan kekhawatiran!

Tegang otot serta rasa pegal kadang mengakibatkan permasalahan tidur, dalam ini insomnia. Mengoleskan minyak kutus kutus di badan sambil memijat sendiri bisa memberi dampak nyaman, hingga badan berasa bertambah santai serta tidur juga bertambah lelap.

Baca : Jenis Pijat yang Banyak Disukai Orang

Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam

Pilihan lain untuk mengikuti cara urut atau pijat dengan menyelup kaki di di air hangat. Menyelup kaki di di air hangat bisa membuat lancar perputaran darah dibagian kaki sebab air hangat bisa memperlebar pembuluh darah di kaki.

Saluran darah yang lancar akan membuat asam laktat yang menimbun di otot. Terutamanya otot kaki gampang larut dalam darah serta dibuang oleh badan. Ujung-ujung saraf kaki bisa dirangsang oleh air hangat hingga bisa kurangi rasa kram serta kesemutan.

Sambil menyelup kaki di di air hangat, beri pijatan-pijatan di tempat betis serta telapak kaki. Semakin lebih baik lagi jika air hangat itu diberi garam sebab garam berbentuk anti-inflamasi. Garam di air rendaman juga masih bisa memberi faedah yang serupa walau temperatur air telah turun.

Dokter Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons memiliki pendapat, kecuali hilangkan pegal, capek, depresi, memijat sekalian menyelup kaki di air hangat yang digarami bisa berguna untuk banyak hal berikut.

  • Menstimulasi sirkulasi tubuh.
  • Meredakan kram.
  • Meringankan kekakuan pada persendian.
  • Meredakan sakit punggung serta tungkai karena terlalu banyak kerja.

 

Berdasar keterangan di atas, dipijat atau diurut waktu pegal menjadi jalan keluar penting yang bisa digunakan, serta bukan sebatas dampak sugesti. Jadi, jangan sangsi bawa diri ke tempat pijat rileksasi pro. Sedapat mungkin, pilih tempat paling dipercaya. Bila terapisnya tidak trampil, bisa-bisa badan semakin ngilu serta justru memunculkan permasalahan lain.

Leave a Reply