Perbedaan Printer Laser dan Printer Tinta yang Perlu Anda Pahami

Perbedaan Printer Laser dan Printer Tinta Untuk sejumlah besar customer, saat akan beli printer, pertanyaan yang fundamental untuk beli printer tinta (inkjet) atau printer laser. Kedua printer itu mempunyai keunggulan dan kekurangan yang penting diperhitungkan berdasar feature dan kekuatan yang diperlukan oleh customer.

Berikut asianprinter akan mengulas sedikit perbedaan antara printer laser dan juga printer tinta yang perlu Anda pahami. Simak ulasannya dibawah ini.

 

Printer Tinta

 

Ada beberapa macam printer tinta (inkjet) yang tersebar dipasaran, salah satunya:

  • Printer dokumen
  • Printer foto
  • Printer All-in-One (Scanner, Copier, Printer)

Bila anda memerlukan printer yang cuman dipakai untuk dokumen baik warna atau hitam putih seperti dokumen word, excel, halaman situs atau e-mail, printer dokumen cukup bagus untuk anda. Printer tinta ( inkjet) ini adalah yang termurah antara ke-3 tipe printer tinta di atas.

Bila anda inginkan printer yang bisa cetak sama ukuran sampai 8 x 10 inch dan memerlukan hasil bikin foto bermutu tinggi, Printer foto adalah opsi yang terhebat. Umumnya printer foto bisa cetak dengan resolusi yang tinggi dan hasil cetaknya bisa nampak sebaik hasil bikin dari tempat pencucian foto.

Bila anda memerlukan printer yang sanggup mengopi dokumen atau scan dokumen dan foto ke dalam computer dan cetak dokumen , Printer all-in-one adalah opsi yang pas. Beberapa printer all-in-one bahkan juga diperlengkapi dengan kekuatan fax dan dokumen feeder yang memungkinkannya pemakai untuk mengopi banyak dokumen sekalian seperti mesin foto copy.

 

Kelebihan dan Kekurangan Printer Tinta

 

Kelebihan:

  1. Ukuran yang lebih kecil, umumnya printer tinta (inkjet) lebih kecil dan bisa ditaruh di lokasi yang sempit.
  2. Printer inkjet all-in-one cukup sedikit semakin besar tetapi masih lebih kecil dibanding dengan printer laser all-in-one atau mesin foto copy yang umum ada dikantor.
  3. Harga jual murah.
  4. Kartrid tinta tambah murah.
  5. Pergantian kartrid lebih gampang.
  6. Kualitas bikin foto yang prima, printer tinta ( inkjet) sanggup hasilkan gambar dengan warna yang jelas dan gambar yang nampak riil.

 

Kekurangan:

  1. Pemakaian tinta boros, printer tinta (inkjet) mempunyai harga ongkos per halaman yang semakin tinggi dibanding dengan printer laser berasal dari pemakaian tintanya yang kurang efektif.
  2. Lamban dalam cetak dokumen yang besar, cetak dokumen dalam jumlah halaman yang banyak memerlukan saat yang semakin lama dibanding dengan printer laser.
  3. Lebih susah dibikin bersih

Keseluruhannya, printer tinta ( inkjet) adalah opsi yang biasa untuk customer. Saat berkunjung toko elektronik, anda bisa menyaksikan opsi printer tinta (inkjet) yang semakin banyak dibanding dengan printer laser. Jaman saat ini customer cenderung pilih printer yang sanggup cetak dengan kualitas tinggi tetapi harga murah dan printer tinta (inkjet) sanggup penuhi persyaratan itu.

 

Printer Laser

 

Ada dua tipe printer laser yang dipasarkan dipasaran, yakni:

  • Printer dokumen
  • Printer All-in-One

Bila anda memerlukan printer yang cuman dipakai untuk dokumen baik seperti dokumen word, excel, halaman situs atau e-mail, printer dokumen cukup bagus untuk anda. Printer laser yang harga murah umumnya cuman sanggup cetak hitam putih. Ada pula printer laser yang sanggup cetak warna, tetapi mempunyai harga yang tambah mahal.

Bila anda memerlukan printer yang sanggup mengopi dokumen atau scan dokumen dan foto ke dalam computer dan cetak dokumen , Printer all-in-one adalah opsi yang pas. Sama dengan printer dokumen, printer all-in-one yang harga murah cuman bisa cetak hitam putih. Untuk printer all-in-one yang sanggup cetak warna tentu saja harga makin lebih mahal.

 

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laser

 

Kelebihan:

  1. Pemakaian toner yang lebih efektif, pemakaian toner pada printer laser lebih efektif bila dibanding pemakaian tinta pada printer inkjet.
  2. Ongkos per halaman printer laser tambah murah, yang berarti ongkos operasional yang dikeluarkan lebih rendah.
  3. Kecepatan bikin yang semakin tinggi, printer laser bisa cetak bisa lebih cepat, khususnya dokumen dengan beberapa halaman, bila dibanding dengan printer inkjet.
  4. Lebih gampang dibikin bersih.

 

Kekurangan:

  1. Harga kartrid toner yang tambah mahal
  2. Ukuran yang semakin besar, meskipun makin lama ukuran printer laser semaki mengecil, tetap mereka semakin besar dibanding dengan printer inkjet dan tidak muat ditempatkan di lokasi yang sempit.
  3. Lebih bising, laser printer hasilkan suara yang lumayan keras di saat bekerja.
  4. Tambah mahal untuk cetak warna, printer laser bisa hasilkan hasil bikin warna yang bagus tetapi pada harga yang tambah mahal, customer condong pilih printer inkjet sebab harga yang tambah murah.

Keseluruhannya printer laser adalah printer yang prima untuk cetak dokumen, dan copy dan scan. Saat kita bicara mengenai pemakaian periode panjang, printer laser menaklukkan printer inkjet.

Untuk pemakaian di rumah, printer laser kemungkinan bukan opsi yang pas, tetapi untuk pemakaian kantor dan usaha, printer laser adalah opsi yang prima.

 

Leave a Reply