Pentingnya Material Pendukung Dalam Pencetakan 3 Dimensi

Dalam proses pencetakan 3 dimensi, khusunya yang memakai teknlogi FDM (Fused Deposition Modeling), susunan simpatisan dibutuhkan saat cetakan mempunyai wujud overhang atau feature yang menggantung pada udara. Pembuatan kompleks seperti ini bisa dilaksanakan dengan kontribusi susunan simpatisan untuk menyokong tempat yang menggantung itu.

Susunan itu dibuat dengan filament khusus yang mempunyai karekter khusus yang tidak lekat dengan material khusus dan gampang dipisah. Pada artikel kesempatan ini mau mencoba diterangkan berkenaan keutamaan material simpatisan dalam pembuatan 3 dimensi.

Material simpatisan dalam proses pembuatan dengan printer 3D hanya bahan yang memberikan dukungan pembangunan satu object dalam proses pembuatan. Umumnya, pemakaian material simpatisan ini memakai printer 3D yang mempunyai ekstruder lebih satu (dual extruder ataupun lebih).

Terdapat berbagai opsi bahan/material simpatisan yang ada dipasaran yang mempunyai ketidaksamaan disamping : harga, keringanan pemakaian, dan kualitas bikin. Hingga penyeleksian bahan simpatisan yang pas untuk mode kita akan membuat pengalaman pembuatan kita lebih gampang dan membahagiakan.

Ada banyak opsi material simpatisan yang dipakai dalam proses pembuatan, ini benar-benar terkait dalam jumlah ekstruder yang dipakai oleh printer 3D. Berikut akan dirinci mengenai pilihan material pendukung yang cocok digunakan pada proyek pencetakan 3 dimensi yang kami kutip dari Jasa laser cutting MDF Jakarta. Simak ulasannya di bawah ini:

 

Material Pendukung yang Sama dengan Pemebentuk Objek

Bahan simpatisan paling simpel dan umum dipakai ialah bahan yang serupa dengan mode yang dibikin. Hal in karena banyak printer 3D masih sebagai mesin ekstruder tunggal yang cuman sanggup cetak dengan memakai satu bahan pada satu waktu, hingga pemakaian bahan simpatisan khusus jadi mustahil.

 

Material Pendukung Pengelupasan Cepat

Bahan simpatisan tipe ini sering dikatakan sebagai ‘Breakaway Suport Material‘, bekerja di mana susunan penunjang diciptakan bersamaan pada susunan object yang dibuat. Tapi karena berbahan berlainan, karena itu susunan penunjang ini bisa terpisah lebih gampang untuk di hilangkan dan akan tinggalkan banyak permukaan yang lebih bersih (gambar di atas).

 

Material Pendukung Cepat Larut

Material simpatisan yang meiliki karakter cepat larut akan memberi kualitas permukaan terbaik untuk object hasi proses bikin. Filament ini tidak memerlukan penghilangan manual, susunan penyangga akan terlarut sendirinya dalam pelarut dengan tinggalkan permukaan yang bersih dan tidak hancur.

Tetapi, ada harga yang perlu dibayarkan. Kecuali tambah mahal, bahan simpatisan yang larut umumnya lebih susah diatur. Bahan larut air yang umum ialah PVA, benar-benar higroskopis, yang bermakna terdegradasi dengan kelembapan. Penyimpanan filament yang pas ialah satu kewajiban.

 

Kompatibilitas material jadi perhatian, karena tidak ada satu juga bahan yang larut bekerja secara baik dengan semua material/filament. Bila PVA tidak berperan, karena itu alternative seperti HIPS akan kerap memerlukan bahan kimia jahat untuk larut, yang kurang dari ideal.

Leave a Reply