Mengetahui Perubahan SEO di Tahun 2020

Istilah yang sering diucapkan ini dapat menjadi tanda jika tehnologi yang sudah ada sekarang selalu berubah dan akan kehilangan potensinya. Bagi bisnis, perkembangan teknologi ini perlu untuk diperhitungkan.

Sebab agar bagaimana juga, pekerjaan pemasaran yang digerakkan merek banyak yang memercayakan tehnologi. Seperti saat menyediakan content lewat sosial media dan optimalisasi rangking dalam mesin penelusuran biasa diistilahkan Search Engine Optimization (SEO).

SEO memang adalah bagian penting bagi perkembangan merek.
Fakta intinya sebab warga bertambah lebih gampang untuk mendapatkan situs merek
berkaitan, hingga mereka semakin mengenali serta lebih berkemauan untuk pilih
barang atau layanan yang ditawarkan.

Tetapi, sebagai masalah dari SEO ialah algoritma Google yang terus beralih, lalu membuat merek perlu adaptif dalam ikuti perkembangan-perubahan yang dilaksanakan oleh Google. Berikut beberapa perubahan SEO dariĀ  Bilik Digital yang perlu kalian ketahui pada tahun 2020.

Voice Search

Pada awal tahun 2018, beberapa pakar telah mengingatkan marketers jika nanti penelusuran dalam mesin perayap akan beralih yang awalannya berbasiskan teks jadi berbasiskan suara.

Ini karena makin tingginya pemakai handphone dan lahirnya beberapa asisten virtual seperti Alexa, Siri, serta Google Home. Awal tahun 2018, beberapa pakar telah mengingatkan marketers jika nanti penelusuran dalam mesin perayap akan beralih.

Dari yang awalannya berbasiskan teks jadi berbasiskan suara. Ini karena makin tingginya pemakai handphone dan lahirnya beberapa asisten virtual seperti Alexa, Siri, serta Google Home.

Di tahun 2020, diprediksikan 50% penelusuran akan dilaksanakan dengan cara verbal. Ini membuat merek perlu memperhitungkan untuk bikin kata kunci (keyword) dalam bahasa lisan serta bukan bahasa tulisan.

Disamping itu, yang tidak kalah penting ialah membuat kata kunci (keyword) berdasar auto correct yang sering dianjurkan oleh Google. Sebab kadang, saat pelafalan kita tidak jelas, Google akan automatis menelusurinya berdasar auto correctterdekat.

Maka dari itu, beberapa ahli SEO merekomendasikan supaya
membuat kata kunci (keyword) dengan frasa seperti umumnya seorang memakai
kalimat bertanya, seperti “dimana […]” dibanding “alamat […]”

Hyperlocal Result

Penelusuran lokal terus bertambah dari waktu ke waktu.
Kenyataannya, 46% penelusuran dalam Google sekarang berbentuk lokal. Berarti,
agar usaha yang digerakkan dapat mengundang perhatian dengan cara online,
karena itu penting buat merek untuk tingkatkan populeritas atau rekam jejak
baik dengan cara off line atau online.

Dalam kata lain, kita perlu untuk ajak beberapa konsumen
setia memberi ulasan yang positif di ranah online, karena beberapa laporan
mengatakan jika Google sedang meningkatkan algoritma mereka untuk memberikan
dukungan bisnis-bisnis dengan rangking atau ulasan yang baik.

Daftar-daftar punya merek, seperti nama usaha, alamat, photo atau gambar, video, serta jam operasional perlu didaftarkan dengan cara tepat di semua basis serta situs.

Dari sana, kita bisa membuat populeritas dari mention dalam sosial media serta engagement yang dilaksanakan audience pada merek. Ini akan menolong usaha untuk ada pada tingkat atas mesin penelusuran saat cari suatu hal yang terkait dengan merek kita.

Google Feature Snippet

Jika kita sempat Googling satu pertanyaan, kemungkinan kita
akan sadar jika dalam hasil penelusuran itu ada satu kotak yang menjawab
pertanyaan kita, baik itu berbentuk tulisan atau gambar. Feature ini diberi nama
Google Fitur Snippet.

Di satu bagian, kemungkinan Google Fitur Snippet ini membuat pemakai tidak masuk situs situs sebab telah memperoleh jawaban dari kotak yang disiapkan.

Tapi di lain sisi, saat memerlukan info yang semakin dalam, karena itu peluang situs berkaitan untuk di-click oleh pemakai bertambah lebih besar sebab rasa ingin tahu sesudah membaca beberapa poin yang dipertunjukkan Google.

Lantas bagaimana triknya supaya situs merek dapat masuk ke
Google Fitur Snippet? Sama dengan membuat kata kunci (keyword) untuk
penelusuran verbal, kita perlu membuat kata kunci (keyword) yang semakin dekat
sama penelusuran berbasiskan pertanyaan. , untuk semakin memaksimalkan SEO,
buat headline yang sesuai pertanyaan yang umum diberi pertanyaankan beberapa
orang.

Terakhir, bila kita menulis artikel berupa listicle, FAQ,
atau untuk menjawab pertanyaan, tekankan juga jika kita mengembangkan dengan
singkat. Upayakan kita cuma masukkan 40-60 kata per paragraf. Ini akan menolong
supaya masuk ke Google Fitur Snippet.

Konten yang Menarik

Meskipun mempunyai SEO yang baik, tetapi mesin penelusuran
seperti Google semakin suka serta cari content yang unik, engaging, serta
bermutu tinggi.

Misalnya, kemungkinan merek kita akan menimbulkan beberapa
konten yang tidak umum didapatkan di internet. Atau kita juga bisa menyiarkan
video yang sedang naik daun sekian tahun akhir-akhir ini. Berdasar studi Cisco,
traffic pada content video diprediksikan akan bertambah sampai 82% di tahun
2021.

Disamping itu, generasi muda sekarang condong semakin suka
konsumsi content berupa meme, GIF, infografik, dibandingkan harus membaca
artikel-artikel panjang. Dengan bermodal variasi content semacam ini, akan
menolong situs untuk memperoleh rangking tinggi pada mesin penelusuran.

User Experience

Kecepatan loading sekarang jadi aspek khusus buat Google
untuk memandang satu situs. Disamping itu, kita perlu membuat situs yang diurus
gampang untuk dijelajah serta tidak mempersulit beberapa pemakai.

Hal-hal lain yang perlu diingat ialah jika situs seharusnya
mobile-friendly, baik dalam design atau isinya. Buatlah design yang responsive,
content yang diberikan seharusnya gampang untuk dibaca. Untuk eksperimen apa
situs mobile-friendly atau mungkin tidak, kita bisa memakai Google’s Mobile
Friendly Tes.

Bila merek ingin mendapatkan perhatian dengan cara online,
karena itu penting untuk memerhatikan detil kecil yang kemungkinan lewatkan
awalnya. Sebab dengan perkembangan tehnologi yang demikian cepat, ditambah
sikap warga yang terus beralih saat lakukan penelusuran, langkah bermain SEO
juga turut beralih.

Leave a Reply