Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Apa Anda masih sangsi untuk konsumsi jeruk lemon karena rasanya yang paling asam? Kenyataannya, jeruk lemon punyai segudang manfaat untuk kesehatan. Yuk kita simak bersama apa kandungan dan manfaat dari jeruk lemon untuk kesehatan tubuh. Berikut pembahasan selengkapnya.

 

Kandungan Gizi Jeruk Lemon

Sama dengan tipe buah yang lain, ada bermacam gizi dan nutrisi dalam kandungan jeruk lemon. Apa lagi, jeruk lemon memiliki kandungan air dan vitamin C yang lumayan tinggi sama dengan jeruk yang lain. Diambil dari laman Share Healthy, berikut fakta gizi yang dihitung per 100 g dari kandungan jeruk lemon.

  • Kalori: 34
  • Air: 92,2 gr
  • Serat: 0,1 gr
  • Kalsium: 23 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Natrium: 31 mg
  • Kalium: 140,0 mg
  • Zinc: 0,2 mg
  • Vitamin B1: 0,09 mg
  • Vitamin B2: 0,12 mg
  • Vitamin C: 50 mg

 

Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Tidak seluruhnya orang menyenangi rasa asam dari jeruk lemon karena takut sakit di perut atau asam lambungnya naik. Walau sebenarnya, jeruk lemon terhitung buah yang aman dimakan bahkan juga saat perut Anda sedang kosong.

Ini karena walau rasanya asam dan pHnya rendah, pH jeruk lemon akan beralih menjadi basa saat diserap dan diolah. Berikut manfaat atau manfaat dari jeruk lemon yang penting Anda kenali.

 

Mampu Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah atau konsumsi air jeruk lemon ialah menolong memperlancar pencernaan. Air jeruk lemon memang dipercayai menjadi minuman pencahar alami hingga menahan keadaan sembelit.

Diambil dari Cleveland Clinic, kandungan asam dan serat pektin yang ada pada jeruk lemon bisa menolong merinci makanan dalam perut. Selain menambah air jeruk lemon sama air hangat, yakinkan Anda pun memakai daging buahnya supaya tidak kehilangan manfaat dari serat.

 

Mampu Menjaga Sistem Imun Tubuh

Menjadi hal yang dijumpai beberapa orang jika jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C. Kandungan ini berguna untuk tingkatkan mekanisme kebal tubuh. Lantas, manfaat yang lain dari jeruk lemon karena kandungan vitamin C ialah menolong membuat perlindungan tubuh dari infeksi.

Bukan hanya hanya itu, vitamin C jadi salah satunya konsumsi yang cukup penting karena tubuh tidak dapat menghasilkan sendirinya.

 

Mampu Mencegah Anemia

Jeruk lemon memiliki kandungan salah satunya tipe mineral, yakni zat besi. Manfaat zat besi dalam jeruk lemon untuk jaga kesetimbangan sel darah merah. Saat kekurangan zat besi, yang terjadi ialah tubuh tidak bisa menghasilkan hemoglobin pada sel darah merah.

Keadaan yang dikatakan sebagai anemia defisiensi besi ini dapat membuat Anda alami napas sesak dan tidak bertenaga. Bukan hanya hanya itu, kandungan vitamin C pada jeruk lemon berguna juga dan bermanfaat untuk meresap zat besi sebanyak-banyaknya dari konsumsi makanan yang lain.

 

Mampu Membantu Mengurangi Berat Badan

Sekarang, beberapa orang konsumsi air hangat digabung perasan air jeruk lemon untuk menolong turunkan berat tubuh. Ini karena air jeruk lemon dipercayai bisa membakar lemak dalam tubuh.

Tetapi, tidak ada riset yang menunjukkan manfaat air lemon untuk turunkan berat tubuh. Penuturannya ialah kombinasi air dan jeruk lemon bisa menolong tingkatkan rasa kenyang. Oleh karena itu, langkah ini juga mampu meredam konsumsi kalori hingga berat tubuh Anda juga turun.

 

Mampu Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C yang ada di jeruk lemon berguna juga untuk menolong kurangi resiko penyakit jantung koroner dan stroke. Ini karena ada senyawa dalam jeruk lemon, yakni hesperidin dan diosmin yang bisa turunkan kandungan cholesterol. Harus dipahami jika cholesterol tinggi menjadi penyebab penyakit jantung.

 

Cara Tepat Mengkonsumsi Jeruk Lemon

Ada beberapa langkah yang dapat dilaksanakan untuk konsumsi jeruk lemon meskipun kadang Anda tidak dapat meredam rasa asamnya. Langkah yang terbanyak dilaksanakan dengan menambahkan jeruk lemon sama air hangat, madu, atau menambah potongan buah lain sebagai infused water.

Lalu, Anda bisa juga simpan air perasan jeruk lemon. Bila menyimpan secara benar, masih bisa dimakan sampai 4-6 bulan lama waktunya. Seharusnya, taruh dan peti-eskan air perasan jeruk lemon yang kaya vitamin dalam freezer bila ingin menyimpan untuk periode waktu yang lama.

 

Itulah barusan beberapa manfaat jeruk lemon untuk kesehatan tubuh yang jarang dijumpai sebagian orang. Dengan bermacam manfaat yang paling bagus untuk tubuh itu, tidak aneh bila jeruk lemon benar-benar terkenal untuk dimakan.

Leave a Reply