Daftar Lagu Religi yang Banyak Didengarkan Selama Bulan Ramadhan

Lagu religi kembali terkenal mendekati hadirnya bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, banyak vokalis dan band yang melaunching lagu religi saat peristiwa bulan puasa datang. Lagu religi jadi jenis musik yang harus diputar di pusat belanja, restaurant, supermarket, radio, tv, dan tempat khalayak yang lain saat bulan Ramadhan.

Tetapi, antara jejeran lagu religi yang memeriahkan industri musik, ada banyak lagu religi terbaik dan paling populer yang mengingatkan umat Islam akan bulan suci.

 

Lagu Religi Ramadhan Terbaik

Jika kamu ingin dengarkan lagu religi Ramadhan atau download mp3 nya dengan gratis, baca pembahasan kami pada artikel ini. Berikut kumpulan-kumpulan lagu religi terbaik selama bulan Ramadhan yang kami bagikan untuk kamu.

 

Opick – Ramadhan Tiba

Ramadhan tiba semua bahagia
Tua dan muda bersuka cita
Bulan ampunan bulan yang berkah
Bulan terbebas api neraka

Salah satu lagu ramadhan terpopuler dan selalu diputar selaam bulan puasa yakni Ramadhan Tiba punya Opick. Lagu ini memiliki kandungan arti supaya umat Islam mengendalikan diri sepanjang berpuasa, dimulai dari lidah, mata, telinga, dan hati.

Janganlah lupa juga melaksanakan ibadah pada bulan suci Ramadhan, karena pahala akan berlipat-lipat dan dosa-dosa dikasih ampunan oleh Allah SWT.

 

Tompi – Ramadhan Datang

Ramadhan datang alam pun riang
Menyambut bulan yang berkah
Umat berdendang kumandang azan
Tandanya hati yang senang

Ramadhan Datang yang dinyanyikan oleh Tompi ini selalu datang temani bulan puasa kaum muslim di Indonesia. Lagu ini berisi mengenai beribadah yang lain yang dapat memperbaiki pahala bulan Ramadhan, seperti tarawih dan tahajud.

Tidak lupa juga menjalankan kewajiban zakat, untuk mensucikan jiwa supaya kita pada kondisi fitri pada hari yang suci.

 

Haddad Alwi ft Anti – Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban ya ramadhan ya syahrul syiam
Selamat datang bulan yang siang harinya mulia
Selamat datang bulan yang malamnya pun mulia

Lagu religi Islami yang sering diputar saat bulan puasa, yakni Marhaban ya Ramadhan punya Haddad Alwi ft. Anti. Lagu ini punyai suara yang ria, sama dengan didalamnya yang menyarankan kita senang menyongsong kehadiran bulan Ramadhan.

Marhaban ya Ramadhan menceritakan kelebihan bulan Ramadhan, semua dosa diampuni dan semua doa diterima.

 

Ungu – Andai Ku Tahu

Andai kutahu
Kapan tiba ajalku
Ku akan memohon
Tuhan, tolong panjangkan umurku

Dengar intro-nya saja, tentu kita telah ingat jika lagu religi ini punya Ungu yang dengan judul Andai Ku Tahu. Antiknya, lagu ini bukanlah bercerita mengenai bulan Ramadhan, tetapi mengingati masalah kematian. Dari liriknya, lagu ini menceritakan seorang yang mengetahui dosa-dosanya. Dia juga meminta ampun dan ingin tobat saat sebelum ajal jemput.

 

Opick ft. Amanda – Alhamdulillah

Bersujud kepada Allah
Bersyukur sepanjang waktu
Setiap nafasmu, seluruh hidupmu
Semoga diberkahi Allah

Tembang religi punya Opick yang dinyayikan bersama Amanda dengan judul Alhamdulillah ini tentu tidak asing kembali dalam telinga. Lagu ini memeliki arti supaya kita selalu mengucapkan sukur untuk beberapa hal yang malah kerap tidak kita ketahui.

Seperti kesehatan, usia, waktu, dan embusan napas yang disebut rezeki serta nikmat yang perlu selalu disyukuri.

 

Maher Zain – Insha Allah

You feel so helpless
You can’t see which way to go
Don’t despair and never lose hope cause Allah is always by your side
Insha Allah you’ll find your way

Lagu Insha Allah punya Maher Zain, musikus berdarah Lebanon ini kerap diputar saat bulan suci Ramadhan datang. Jika kamu dengar dengan cermat, arti lagu ini benar-benar sentuh hati. Liriknya dapat memperkuat kita bila diterpa permasalahan.

Lagu ini mengingati kita supaya tidak patah semangat dan terus berdoa karena Allah SWT pasti memberi jalan, lambat atau cepat.

 

Opick – Tombo Ati

Obat hati ada lima perkaranya
Yang pertama baca Quran dan maknanya
Yang kedua salat malam dirikanlah
Yang ketiga berkumpulah dengan orang saleh

Tombo Ati punya Opick betul-betul lagu yang mempersejuk hati dan langsung mengingati kita akan bulan Ramadhan. Lagu ini memang menjadi lagu religi unggulan yang sering kali berkemandang di restaurant, mal, dan tempat khalayak yang lain.

Dengan bahasa Jawa, Tombo Ati maknanya obat hati. Jika kamu ingin tahu bagaimanakah cara ‘mengobati’ hati, dengar lagu ini, ya!

 

Gita Gutawa – Jalan Lurus

Jalan lurus sepuluh yang perlu ditempuh
Yang pertama bahwa Allah Maha Esa
Yang kedua Muhammad rasul kita

Lagu Jalan Lempeng yang dinyanyikan oleh Gita Gutawa ini sebagai versus remake dari lagu Opick dengan judul Tombo Ati. Lantunan suara Gita Gutawa yang merdu di lagu ini, dapat mempersejuk hati di tengah-tengah hari saat bulan Ramadhan. Lagu ini berisi sepuluh jalan lempeng yang perlu diaplikasikan umat Islam di kehidupan setiap hari.

 

BCL – KuasaMu

Dalam keheningan kubersimpuh
Kubuka lembaran-lembaran Kitab-Mu
Kutemukan damai membaca sabda-Mu
Tuhan, ku memohon
Tuhan, ku memohon
Pancarkan cahaya di hidupku

Salah satu lagu ramadhan yang kerap dilantunkan saat bulan puasa yakni KuasaMu yang dinyanyikan Bunga Citra Lestari (BCL). Walau pernah jadi soundtrack film sinetron di tv, lagu ini masih jadi lagu religi yang Islami.

Pesan lagu ini cukup berarti, menceritakan seorang hamba yang menginginkan kuasa Allah SWT supaya selalu membimbingnya di jalan yang betul.

 

GIGI – Akhirnya

Ku sadari akhirnya
Kerapuhan imanku
Telah membawa jiwa dan ragaku
Ke dalam dunia
Yang tidak tentu arah

GIGI mempunyai deretan lagu religi yang populer dan selalu didengar saat ramadhan datang, diantaranya dengan judul Pada akhirnya. Lagu ini sarat dengan penyesalan akan dosa dan permintaan ampun karena sudah tinggalkan Allah SWT.

Dengarkan lagu ini dapat membuat kita bergidik saat itu juga, karena terpikir tindakan dalam dunia yang malah mempersulit kehidupan akhirat.

 

Nah, itulah daftar lagu religi pada bulan suci Ramadhan yang selalu diputar saat bulan puasa datang. Antara sepuluh lagu itu, yang mana jadi lagu favorite kamu? Jangan lupa untuk menuliskan di kotak kometar yaa. Terima kasih.

Leave a Reply