Ciri-ciri Pupuk Organik yang Bagus yang Perlu Anda Ketahui

Pupuk organik yang baik akan mendukung perkembangan tanaman jadi lebih maksimal. Sekarang ini ada beberapa merk pupuk yang dipasarkan bebas di pasar. Pada intinya semua pupuk organik mempunyai peranan yang serupa, yaitu sediakan elemen hara dan menyuburkan tanah.

Tetapi, antara pupuk organik yang dipasarkan, ada banyak pupuk organik yang mempunyai performa yang lebih bagus dibanding pupuk-pupuk yang lain.

Ciri-ciri Pupuk Organik yang Bagus yang Perlu Anda Ketahui

 

Untuk mengenali mana pupuk organik yang baik, Anda harus mengenali ciri-cirinya lebih dulu. Salah satunya ciri-ciri pupuk organik yang baik ialah kandung karbon organik yang tinggi.

Pupuk organik yang baik berkadar karbon organik yang tinggi, minimum 12 %. Saat itu, kandungan nitrogen dalam pupuk seharusnya lebih rendah, kurang dari 20 %. Karbon organik berperan selaku sumber energi untuk bakteri perombak, seperti nitrobacter.

Bakteri itu bekerja merinci elemen hara di tanah supaya bisa diserap oleh tumbuhan. Salah satunya elemen hara yang akan dibongkar oleh bakteri perombak ialah fosfor. Saat fosfor telah dibongkar, tanaman akan semakin lebih gampang meresap fosfor itu.

Ada yang mengatakan faedah pupuk ini dapat dirasa di periode mendatang. Ini karena kandung karbon organik yang tinggi. Pemakaian pupuk yang bebas kandung kimia ini sepanjang lima tahun akan mengakibatkan tingginya karbon organik dalam tanah.

Makin tinggi kandung itu, makin banyak jumlah bakteri pemecah. Dalam tanah pada intinya telah memiliki kandungan elemen nitrogen dan kalium, namun tanaman tidak dapat memakainya dengan maksimal sebab belum tergerai.

Dengan hadirnya bakteri pemecah, nitrogen dan kalium yang berada di tanah akan tergerai. Hal itu akan mengakibatkan kandung nitrogen dan kalium dalam tanah jadi bertambah. Salah satunya bakteri yang diperlukan untuk mengurai elemen hara dalam tanah ialah nitrobacter.

Bakteri itu bekerja mengikat dan mengganti nitrogen jadi ammonium. Ammonium yang dibuat oleh nitrobacter adalah sumber nitrogen dan fosfor untuk tanaman. Tanaman juga bisa tumbuh subur di tanah itu. Karena itu, pupuk organik mempunyai peranan untuk membenahi dan menyuburkan tanah.

Demikian artikel terkait Ciri-ciri Pupuk Organik yang Bagus yang telah dirankum dari situs Pupuk nasa yang perlu anda ketahui. Sekian semoga bermanfaat

 

Leave a Reply