Cara Ternak Ayam Petelur yang Baik dan Benar untuk Pemula

Ternak ayam petelur sebagai salah satunya tipe usaha yang kelihatannya mulai disukai oleh sejumlah besar warga. Hal itu karena kecuali harga telur yang lumayan mahal, usaha satu ini termasuk juga satu bentuk budidaya yang paling gampang dilaksanakan, terhitung untuk beberapa pemula.

Pada dasarnya, ternak ayam petelur ialah perawatan ayam yang mempunyai tujuan untuk hasilkan telur. Bersamaan dengan makin bertambahnya keperluan warga akan telur tersebut membuat usaha satu ini akan paling prospektif untuk siapa saja yang menjaringnkannya.

Ternak ayam petelur berisi ayam-ayam betina dewasa yang bisa hasilkan telur dalam skala besar, selanjutnya telur-telur itu dipasarkan di pasar. Walau terlihat gampang dan mempunyai kesempatan yang bagus di dalam memulai usaha.

Tentu saja kamu harus juga tahu lebih dulu berkenaan langkah lakukan usaha ini. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kita akan mengulas berkenaan langkah ternak ayam petelur untuk beberapa pemula yang dapat kalian coba. Baca pembahasan selengkapnya di bawah ini:

 

Persiapkan Lokasi dan Kandang

Cara pertama untuk ternak ayam petelur yakni dengan menyiapkan posisi di mana kamu akan membuat kandang. Upayakan supaya posisi kandang yang kamu tentukan berada lumayan jauh dari permukiman masyarakat, supaya tidak ada munculnya berbau dari kotoran dan menahan berlangsungnya kerusuhan yang disebabkan oleh ayam. Hingga masyarakat seputar tidak terusik.

Disamping itu, posisi yang tidak begitu ramai menahan berlangsungnya stress pada ayam. Tetapi, penting diingat juga jika posisi ternak ayam petelur bisa juga dengan gampang dicapai oleh transportasi, terutamanya motor, supaya proses pemantauan dan perawatanpun berjalan dengan gampang.

Untuk kandang ternak ayam petelur, ada dua type yang dapat kamu menjadikan opsi, yakni kandang umparan atau koloni dan kandang baterei. Sudah pasti ke-2 kandang itu masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan yang penting kamu pikirkan.

 

Kelebihan kandang umparan yakni kamu dapat menempatkan banyak sekali ayam dalam satu kandang. Namun kelemahan pada tipe kandang ini yakni jika ayam akan bertelur langsung di lantai hingga kamu perlu kumpulkan telur-telur secara eksklusif.

 

Kelebihan kandang baterei yakni ruangan kandang lebih terbatas hingga ayam akan bisa lebih konsentrasi untuk bertelur. Dalam kandang baterei, satu kandang cuman bisa diisi oleh seekor ayam saja dan tidak mengonsumsi banyak tempat karena kandang itu dapat diatur sampai 4 tingkat ke atas.

 

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit sebagai salah satu langkah ternak ayam petelur yang terpenting dan jadi kunci keberhasilan dalam usaha. Untuk saat ini banyak orang yang jual bibit ayam broiler atau ayam petelur.

Nah, untuk bibit ayam petelur tersebut ada dua tipe, yakni ayam ras petelur putih dan ayam petelur coklat. Ayam dengan ras petelur coklat mempunyai ukuran yang sedikit semakin besar dibanding ayam petelur putih. Namun, secara kandungan gizi kedua telur itu sama juga.

Penting diingat jika dalam ternak ayam petelur, pilih bibit sebaiknya yang sehat tanpa cacat sama sekalipun. Disamping itu, bulu harus tutup rata dengan perkembangan yang normal, dan berawal dari indukan unggul atau penjual yang terpercaya.

Bila kamu merencanakan untuk beli bibit dalam rencana budidaya ternak ayam petelur dari anakan, karena itu lihat apa anak ayam itu berawal dari induk yang sehat atau mungkin tidak. Nah, beberapa ciri anakan yang bagus, yakni:

  • Bulu yang tutup dengan rata dan lembut
  • Tidak ada cacar dalam tubuh
  • Selera makan yang bagus
  • Ukuran tubuh normal dengan berat tubuh yang bagus
  • Tidak ada feses atau kotoran di bagian duburnya

 

Pemberian Pakan

tahap selanjutnya yang tidak kalah utama di dalam ternak ayam petelur yakni langkah pemberian pakan. Pakan yang berkualitas ialah pakan yang memiliki kandungan protein, karbohidrat, mineral, kalsium, dan vitamin untuk penuhi keperluan si ayam. Kamu dapat memberi pakan ke ayam berbentuk ekstrak, dedak dan jagung yang sudah digiling.

Harus diingat jika ayam yang kurang memperoleh pakan tidak dapat memberi hasil produksi yang optimal, hingga pakan apa yang kamu beri ke ayam akan memengaruhi kesuksesan usaha budidaya ternak ayam petelur yang sedang kamu lalui.

Tetapi, penting dipahami juga jika ayam pun tidak dapat memperoleh pakan yang berlebihan lho, karena hal itu akan membuat ayam alami penimbunan lemak dan turunkan produksi telur.

 

Perawatan Kesehatan

Yang bernama lakukan budidaya, perawatan tentunya penting, begitupun dengan budidaya ternak ayam petelur, yakni dengan memberi vaksin dan vitamin dengan teratur. Dengan demikian, ketahanan tubuh ayam makin lebih terbangun.

Kebersihan kandang bisa juga memengaruhi kesehatan ayam, hingga janganlah sampai kamu biarkan kotoran ayam sampai menimbun di kandangnya. Untuk pembersihannya tersebut, kamu dapat lakukan pembersihan periodik dengan memakai disinfektan atau bersihkan kutu buat jaga kandang supaya lebih steril.

 

Panen

Ayam petelur umumnya mulai akan hasilkan telur sesudah masuk umur empat bulan, yang mana tiap hari mereka dapat hasilkan telur buat kamu mengumpulkan atau kamu panen. Nach, sesudah dipanen jangan sampai langsung ditawarkan, karena kamu harus juga mensortir dan pisahkan di antara telur yang mempunyai kualitas baik dan telur abnormal.

Umumnya telur abnormal mempunyai ukuran yang semakin besar, lebih kecil, atau mungkin dengan wujud yang aneh, seperti lonjong dan gepeng. Harus dipahami jika cuman telur yang berkualitas saja yang pada nanti dapat kamu jual di pasar.

 

Itulah barusan bebebrapa cara ternak ayam petelur yang baik dan benar untuk pemula. Mudah-mudahan artikel kesempatan ini berguna dan terima kasih.

Leave a Reply