Cara Mengemas Makanan Basah dan Kering untuk Dikirim Melalui Jasa Pengiriman

Tidak boleh kaget bila produk kulineran intinya berbentuk makanan basah dan kering sekarang banyak dijajakan lewat e-commerce, online shop atau melalui sosial media seperti facebook dan instagram. Bertambahnya jumlah pemakai internet dan pengguna handphone jadikan aktivitas marketing dan promo jadi lebih murah dan gampang.

Sementara service jasa ekspedisi yang makin cepat dan hebat, memungkinkannya barang tipe apa saja bisa dikirimkan secara cepat. Salah satu jenis muatan jasa pengiriman yang paling susah untuk diantarkan ke satu tempat ialah makanan basah.

Untuk beberapa pelaku bisnis kulineran online yang memakai jasa kurir terutamanya pada makanan basah menjadi permasalahan dalam soal pengepakan. Langkah pengepakan pada makanan basah berlainan dengan pengepakan pada makanan kering.

 

Cara Mengemas Makanan Basah

Apa lagi jika dengan yang keliru dapat terjadi hal yang tidak diharapkan seperti makanan jadi busuk atau basi, merasa tidak nikmat kembali, dan lain-lain. Oleh karena itu, pelaku bisnis kulineran online khususnya pada makanan basah harus betul-betul memerhatikan pengepakan.

Karena tidak semua jasa pengiriman murah bersedia pengepakan pada makanan basah. Berikut cara-cara pengepakan makanan basah yang penting Anda ketahui.

  • Sebelum mengirimi makanan ke seseorang atau konsumen. Kita harus ketahui berapakah lama daya ketahanan makanan itu. Jika membuat sendiri kerjakan eksperimen dengan simpan makanan pada suhu ruang biasa dan dalam kulkas. Hingga kemudian memperoleh hasil kedaluwarsa dan basi dari makanan itu
  • Pilih paket yang dibuat berbahan yang tidak memiliki kandungan bahan atau zat kimia. Seperti paket yang dibuat berbahan aman yang dilapis oleh UV Waterbase dan DPE.
  • Untuk beberapa saat khusus untuk makanan yang berkuah tentukan paket yang bisa jaga temperatur makanan tentukan paket plastik atau untuk semakin aman tentukan paket yang mempunyai tutup rapat.
  • Gunakan packing kayu dan toples supaya makanan enak dan gurih.
  • Jangan sampai ada ruang kosong pada paket karena berefek bisa mengguncangkan makanan saat proses pengiriman.
  • Lapisi paket dengan memakai toples / tempat.
  • Pada masing-masing paket janganlah lupa berikan cap untuk memberitahu info pada pihak jasa pengiriman atau ekspedisi.

 

Cara Mengemas Makanan Kering

Selain ketahui langkah mengepak makanan basah untuk dikirimkan lewat jasa pengiriman, sebaiknya bila Anda ketahui langkah mengepak makanan kering. Akan tetapi, Anda harus tetap memerhatikan langkah packing barang, supaya sepanjang proses pengiriman, barang itu tidak hancur karena guncangan.

Untuk Anda yang berniat mengirimi barang berbentuk makanan kering, berikut langkah membuntel atau packing barang saat sebelum dikirimkan dengan memakai jasa pengiriman murah.

 

Gunakan Tempat yang Representatif

Penyeleksian tempat yang keliru bisa beresiko hancur atau hancurnya makanan. Karenanya pakai tempat yang representatif, diantaranya ialah tempat memiliki bahan mika atau plastikyang enteng tetapi kuat hingga bisa membuat perlindungan makanan kering yang dikirimkan.

 

Isi Tempat dengan Penuh

Ada sela pada tempat, jadikan guncangan sekecil apa saja bisa membuat makanan didalamnya sama-sama bertabrakan hingga rawan hancur. Karena itu, isi tempat dengan makanan sampai penuh/padat dan janganlah sampai ada sedikitpun sela kosong pada tempat itu. Jika ada tersisa ruangan kosong, strategii dengan tutup sela kosong memakai kertas atau plastik yang bersih.

 

Segel Tempat Menggunakan Selotip

Walau tempat sudah mempunyai tutup, untuk menghindar terbukanya tutup tanpa menyengaja sepanjang proses pengiriman, upayakan untuk melapis tempat yang sudah tertutup dengan selotip. Karena, bila tutup sampai terbuka, selain makanan akan tumpah dari tempat dapat memengaruhi rasa.

 

Berikan Lapisan Bubble Warp dan Kardus

Tidak hanya cukup tempatkan makanan pada tempat dan dilapis selotip. Supaya makanan kering yang dikirimkan makin aman, tambah bubble warp atau plastik bergelembung lalu buntel dengan kardus yang ukuran sedikit semakin besar dari tempat makanan. Seterusnya isi sela kosong pada kardus dengan memakai styrofoam atau kertas koran buat meminimalkan guncangan.

 

Demikian cara membungkus makanan basah dan kering saat sebelum dikirimkan lewat jasa pengiriman murah, hingga sepanjang proses pengiriman, makanan itu tidaklah sampai hancur. Mudah-mudahan berguna.

Leave a Reply