Cara Membuat dan Merawat Bonsai Serut Untuk Pemula

Bonsai serut sebagai salah satunya tipe bonsai terkenal. Rupanya, tipe ini gampang dibikin di dalam rumah, lo! Baca triknya pada pembahasan di bawah ini. Akhir-akhir ini, hoby memiara tanaman nampaknya sedang menyebar di kelompok warga kekinian.

Akhirnya, usaha tanaman hias juga meledak. Salah satunya tipe tanaman yang banyak dicari dan digemari periode ialah bonsai, khususnya bonsai serut. Sama seperti yang telah dijumpai, bonsai ialah tanaman yang dikerdilkan, hingga dapat ditanamkan di pot dangkal, seperti sebuah miniatur.

Nah, tipe bonsai ini sebagai yang termudah dikecilkan. Langkah pembikinannya juga tak perlu training khusus seperti tipe bonsai yang lain. Agar semakin jelasnya kembali, silahkan artikel yang dirangkum oleh bonsaikita.com di bawah ini.

Cara Membuat Bonsai Serut

1. Memilih dan Mempersiapkan Bakalan

Langkah membuat bonsai serut yang pertama ialah pilih akan atau bonggol bonsai yang tepat. Kamu dapat cari akan bonsai ini di toko tanaman hias atau langsung ke vendor bonsai untuk kualitas yang tinggi.

Potong daun pada bonggol bonsai memakai gunting tanaman dan atur akar-akar yang tidak diperlukan. Kemudian, bersihkan akar memakai air bersih dan oleskan dengan obat atau pupuk perangsang perkembangan.

2. Tentukan Media Tanam yang Pas

Bonsai yang sehat ialah bonsai yang tumbuh pada tempat tanam yang tepat. Ingat, bonsai bukan tanaman hias konservatif yang dapat ditanamkan memakai apa. Tanaman kerdil ini perlu semakin banyak usaha supaya tumbuh sehat!

Tempat tanam yang pas untuk memiara bonsai ialah tanah gunung. Tanah gunung ialah tipe tanah yang telah bersatu dengan humus dan pupuk organik seperti kotoran sapi dan kambing. Kecuali tanah gunung, kamu bisa juga memakai sekam padi atau sabut kelapa.

3. Memulai Proses Adaptasi

Sesudah tempat tanam ada, tanam selekasnya bonggol seperti tanaman hias biasa. Beri bonggol bonsai sedikit waktu untuk menyesuaikan sama ukuran pot dan tempat tanam yang disiapkan. Sesudah tanaman kelihatan sehat dalam beberapa saat, wujud bonsai memakai kawat stainless steel.

Janganlah lupa untuk memerhatikan perkembangan akar , ya. Jika akarnya telah tumbuh secara perlahan-lahan, itu pertanda bonsai serut telah dewasa dan kamu dapat meneruskan ke proses seterusnya.

4. Membentuk Bonsai

Langkah membuat bonsai serut paling akhir ialah membuatnya jadi wujud opsi. Beberapa bahan yang penting disiapkan ialah kawat stainless steel dengan diameter 3 mm dan gunting kawat. Lilitkan kawat pada tangkai bonsai sesuai wujud yang diharapkan.

Yakinkan kamu membuatnya secara halus supaya bonsai tidak cepat patah. Sesudah usai, diamkan bonsai tumbuh sendirinya. Kawat bisa dilepaskan saat bonsai telah tumbuh cukup besar, dan mengikut wujud yang kamu dinginkan.

Cara Merawat Bonsai

Proses pengerjaan telah dilewati. Sekarang, waktunya kamu dalami langkah menjaga bonsai serut. Ada banyak hal yang harus kamu lihat jika ingin bonsai tumbuh dengan sehat dan tidak cepat mati. Berikut beberapa langkah yang perlu kamu kerjakan.

1. Siram dengan Rutin

Supaya bonsai tumbuh dengan cantik, siram tanaman ini satu hari sekali. Kerjakan penyiraman pada sore hari. Janganlah lupa untuk pastikan tempat tanam bonsai masih lembab ya!

2. Memberikan Pupuk

Kecuali air, bonsai serut memerlukan pupuk. Tipe pupuk terbaik untuk tanaman bonsai ialah pupuk organik. Berhati-hati dengan jumlahnya dan tidak boleh beri sering karena akan membuat dedaunan cepat kering.

Supaya bonsai tumbuh lebih sehat, pemakaian pupuk organik dengan disemprotkan lebih dianjurkan.

3. Peletakan Tanaman

Letakan bonsai di lokasi yang diterangi matahari dengan cukup. Sinar matahari diperlukan untuk proses fotosintesis. Untuk bonsai yang kecil, yakinkan sinarnya tidak terkena langsung, karena akan membuat cepat kering.

4. Pemangkasan dan Perlindungan Dari Hama

Pemotongan dan pelindungan dari hama sebagai langkah menjaga bonsai terpenting! Hama sebagai salah satunya aspek terpenting yang mengusik perkembangan bonsai, membuat cepat mati. Kerjakan pemotongan dan pengecekan hama sekitar satu minggu 2 kali.

Mudah-mudahan artikelnya berguna ya gaes!!

Leave a Reply