Cara Budidaya Kaktus dan Tips Merawat Kaktus yang Tidak Bisa Sembarangan

Kaktus sudah jadi tanaman hias yang paling disukai karena perawatannya lumayan gampang dan bisa tumbuh di beberapa wilayah. Karena itu, tidaklah aneh, keinginan tanaman kaktus termasuk lumayan tinggi. Keinginan yang lumayan tinggi ini jadikan kesempatan usaha budidaya kaktus terbuka lebar.

Dikutip dari blog beranda52.com, budidaya kaktus sebenarnya tidak demikian susah, cuman perlu kesabaran dan ketekunan dalam menjaga kaktus. Di bawah ini langkah gampang budidaya kaktus yang dapat Anda kerjakan.

 

Siapkan Bibit Kaktus

Bibit jadi modal khusus yang perlu ada dan jadi pemasti kesuksesan proses budidaya. Bibit kaktus dapat didapat di toko tanaman hias atau langsung diambil dari tanaman induk yang telah Anda punyai. Bibit yang baik untuk dipakai ialah bibit yang tidak ada cacat.

Yakinkan tangkai bibit yang akan dipakai tidak alami bengkak dan mempunyai duri yang utuh. Pilih bibit yang tumbuh tegak lempeng. Bila Anda ingin ambil bibit dari tanaman induk, yakinkan tanaman induk itu telah berumur pantas tanam. Saat itu, bila ingin beli bibit, yakinkan bibit telah berumur lebih dari 3 tahun.

 

Siapkan Media Tanam

Kaktus menyenangi tempat tanam kering dengan tingkat porositas yang tinggi hingga media tidak sanggup meredam air. Tempat tanam itu tidak mengakibatkan akar kaktus mengikat air dalam periode waktu lama.

Tipe tanah merah dan tanah liat tidak dapat dipakai untuk menanam kaktus. Tipe tanah itu bisa mengakibatkan daya serap air jadi tinggi sekali hingga menyebabkan tangkai kaktus membusuk. Tempat tanam kaktus yang bagus dibuat dari kombinasi tanah berpasir, kompos, dan arang sekam dengan perbedaan 1:1:1.

 

Perawatan Pohon Kaktus

Kaktus perlu disiram tiap 1 minggu sekali atau saat tempat tanam telah kelihatan kering. Berdasar tempat hidupnya, tanaman kaktus dibagi jadi dua tipe, yakni kaktus yang suka di wilayah terbuka dan kaktus yang suka pada tempat gelap.

Tanaman kaktus yang menyenangi tempat jelas dapat tersimpan di tempat terbuka sesudah berusia tiga minggu setelah periode tanam. Saat itu, kaktus yang menyukai pada tempat gelap harus dipindahkan kadang-kadang ke tempat terbuka.

 

Pengendalian Hama

Walau populer sebagai tanaman berduri, kaktus rawan terserang hama, seperti keong tanah, tungau, dan cendawan. Untuk mengatur gempuran hama, Anda perlu memotong pohon kaktus dengan teratur atau memakai pestisida saat gempuran hama telah susah dikontrol.

 

Nah, sesudah ketahui bagaimanakah cara budidaya kaktus, kami akan membahas berkenaan tips merawat kaktus yang tidak boleh sembarangan. Berikut pembahasan selengkapnya di bawah ini.

 

Tips Merawat Kaktus

 

Sekarang ini tanaman kaktus sedang disukai oleh warga Indonesia sebagai tanaman hias yang gampang dirawat, tidak mempunyai percabangan yang banyak, dan tentunya sanggup menambah warna pada rumah. Walau populer gampang dipiara, menjaga kaktus membutuhkan tehnik khusus supaya memiliki bentuk masih cantik walau dipiara dalam ruang.

Baca pembahasan yang kami kutip dari situs berandad52.com di bawah ini berkenaan panduan menjaga tanaman kaktus yang mudah dan benar.

 

Perhatikan Media Tanam

Formasi tempat tanam yang baik untuk kaktus ialah tanah berpasir, kompos, dan arang sekam dengan perbedaan 1:1:1.

 

Lakukan Penyiraman Secara Berkala

Tanaman kaktus populer tidak begitu memerlukan air karena habitat alami kaktus ialah wilayah yang kering. Tetapi, bukan bermakna tanaman kaktus tak perlu disiram. Kaktus harus disiram tiap satu minggu sekali atau disamakan dengan tingkat kekeringan tempat tanam. Bila tanaman mulai kelihatan layu, Anda langsung bisa memberi penyiraman seperlunya saja.

 

Lakukan Penggantian Pot Tanaman

Kaktus populer dengan perkembangan yang lamban hingga Anda tak perlu sering lakukan penggantian pot. Pot tanaman kaktus cukup ditukar tiap setahun sekali untuk sesuaikan sama ukuran kaktus. Upayakan tentukan pot yang pas dengan figur kaktus supaya performa tanaman hias ini makin cantik dan warna.

Untuk tanaman kaktus berupa bundar, pakai pot dengan diameter 5—10 cm. Saat itu, tanaman kaktus yang tumbuh membubung tinggi, lebih baik ditanamkan di pot memiliki ukuran tinggi, tingginya nyaris 1/2 dari tinggi kaktus itu.

 

Perhatikan Tempat Peletakan

Sesungguhnya, tanaman kaktus lebih bagus ditaruh di luar ruang supaya tanaman memperoleh cahaya matahari secara utuh. Tetapi, Anda masih dapat memiara tanaman kaktus dalam ruang. Pilih sisi ruang yang terserang cahaya matahari supaya perkembangan kaktus tidak alami kendala dan melakukan penjemuran tiap hari.

Ada beberapa macam kaktus yang lebih menyenangi tempat gelap. Kaktus ini benar-benar pas jadi tanaman hias dalam ruang. Tetapi, kaktus itu perlu dijemur kadang-kadang di lokasi yang jelas.

 

Lakukan Pemangkasan

Tanaman kaktus perlu dipangkas karena kaktus tumbuh secara vertikal. Pemangkasan mempunyai tujuan membuat perlindungan tanaman dari gempuran hama seperti keong tanah, tungau, dan cendawan. Pemangkasan berperan untuk jaga wujud kaktus supaya masih cantik

Leave a Reply