8 Jenis Penyakit Ginjal yang Harus Anda Ketahui

Penyakit ginjal bukan sebatas tidak berhasil ginjal semata-mata. Ada berbagai macam penyakit ginjal yang harus dipahami. Baca daftarnya di bawah ini. Ginjal ialah organ yang bekerja memfilter toksin atau kotoran pada darah. Bila ginjal stop bekerja, karena itu kotoran dan toksin dapat menimbun pada tubuh. Keadaan ini juga dikatakan sebagai tidak berhasil ginjal.

Faktanya, penyakit ginjal bukan hanya dikarenakan oleh organ itu stop bekerja. Ada infeksi atau peradangan bisa juga serang dan mengakibatkan penyakit ginjal. Untuk tahu apa tipe dan penyakit yang dapat serang ginjal, baca ulasan dari jokoyugiyanto.com di artikel ini.

Seseorang bisa didiagnosis sakit ginjal saat organ itu stop bekerja atau tidak bisa jalankan perannya secara benar. Ini bisa dikarenakan oleh ada abnormalitas ginjal atau imbas dari penyakit yang lain memicu.

Misalkan saja, kerusakan ginjal dapat dipacu saat Anda mempunyai penyakit diabetes atau keadaan akut (periode panjang) yang lain. Sakit ginjal dapat mengakibatkan kompleksitas, seperti tulang kurang kuat, kerusakan saraf, dan kekurangan nutrisi. Ada beberapa macam penyakit ginjal harus Anda ketahui, berikut ini ulasan lengkapnya:

 

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah tipe penyakit ginjal yang biasa diketemukan. Ini berlangsung saat mineral dan zat lain pada darah menimbun, lalu mengkristal, sampai membuat massa seperti bebatuan di ginjal. Batu ginjal umumnya diikuti dengan tanda-tanda sakit pinggang, kencing berasa sakit, dan air kencing berwarna kotor atau berdarah.

Batu ginjal dapat ditangani dengan lakukan extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Ini ialah proses pecahkan batu ginjal dengan memakai gelombang suara frekwensi tinggi.

 

Ginjal Kronis

Menurut dr. Devia Irine Putri, penyakit ginjal akut dikatakan sebagai tidak berhasil ginjal. Penyakit ginjal akut biasanya disebabkan karena penyakit yang lain memicu. Salah satunya selaku berikut ini:

Tekanan darah tinggi

Penekanan darah tinggi bisa tingkatkan penekanan pada glomerulus. Glomerulus ialah tempat di ginjal yang berperan untuk bersihkan darah. Makin tinggi penekanan di pembuluh darah, makin lebih buruk peranan ginjal Anda. Nanti, ginjal beresiko hancur dan tidak bisa lakukan pekerjaannya secara baik.

Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kandungan gula darah atau glukosa yang tinggi. Saat kandungan glukosa tinggi, pembuluh darah di ginjal bisa hancur. Akhirnya, ginjal tidak dapat memfilter darah secara benar dan badan bisa dipenuhi dengan toksin.

 

Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik ialah abnormalitas genetik yang mengakibatkan ada kista atau kantung kecil berisi cairan di ginjal. Kista itu bisa mengusik peranan ginjal dan mengakibatkan tidak berhasil kerja organ itu.

 

Infeksi Saluran Kemih

Kondisi ini berlangsung karena infeksi bakteri yang serang mekanisme aliran kemih. Permasalahan kesehatan ini bisa selekasnya diobati dan jarang-jarang mengakibatkan kompleksitas selanjutnya. Tetapi, bila didiamkan demikian saja, infeksi ini bisa menebar dan mengakibatkan tidak berhasil ginjal.

 

Glomerulonefritis

Jenis penyakit ginjal ini dikarenakan oleh ada infeksi pada glomerulus. Infeksi glomerulonefritis bisa disebabkan karena infeksi, efek penggunaan beberapa obat, atau abnormalitas bawaan.

 

Kanker Ginjal

Kanker ginjal ialah penyakit yang kerap berlangsung ke orang lanjut usia. Kanker ginjal biasa dikatakan sebagai karsinoma sel ginjal. Keadaan ini berlangsung saat sel kanker mulai berkembang dan menebar pada filter kecil di ginjal. Biasanya, peranan ginjal untuk memfilter darah tak lagi optimal.

 

Nefropati Diabetik

Ini adalah komplikasi dari penyakit diabetes type dua. Di mana peranan ginjal, khususnya sisi nefron, terusik karena kandungan glukosa tinggi. Nefropati diabetik dapat berlangsung saat Anda tidak menyembuhkan keadaan diabetes Anda secara benar. “Kerusakan pada nefron atau sisi ginjal karena gula darah yang tinggi nanti akan berbuntut pada tidak berhasil ginjal,” terang dr. Devia Irine.

 

Nefritis Lupus

Nefritis lupus adalah istilah yang berlangsung ketika berada bengkak atau iritasi di ginjal karena menderita penyakit lupus. Harus dipahami, lupus ialah penyakit autoimun yang berlangsung saat mekanisme imun salah dan serang beberapa sel sehat badan sendiri. Waktu mekanisme imun serang ginjal, organ tersebut dapat mengalami pembengkakan, iritasi, lalu usai dengan kerusakan serius.

Leave a Reply