7 Hewan Omnivora yang Kita Anggap Sebagai Karnivora

Kamu pasti akrab dengan arti omnivora, yakni hewan pemakan daging dan tumbuhan. Contoh-contoh omnivora yang biasa dijumpai ialah ayam, bebek, tikus, dan orangutan.  Tetapi kamu kemungkinan tidak menduga jika beberapa hewan yang sejauh ini diketahui selaku herbivora atau karnivora rupanya sesungguhnya omnivora.

Apa sajakah hewan tersebut ? Berikut ini zonahewan.com akan mengulas 7 hewan omnivora yang kita anggap sebagai golongan hewan karnivora.

 

Rusa

Sejauh ini kita mengenali rusa selaku hewan herbivora yang lucu kan? Tetapi rupanya tidak selamanya demikian. Rusa dijumpai sempat juga memakan ikan dan telur. Mereka juga pernah nampak mengonsumsi bangkai hewan lain serta bangkai sama-sama rusa! Ini khususnya biasa berlangsung pada musim dingin, di mana gizi lebih susah ditemukan.

 

Koyote

Koyote ialah hewan semacam serigala yang hidup di Amerika Utara. Kamu kemungkinan memikir jika hewan ini tentu karnivora, walau sebenarnya tidak begitu. Makanan khusus koyote ialah hewan-hewan kecil seperti kelinci, tupai, ular, kadal, dan burung. Tetapi disamping itu, mereka suka juga makan buah-buahan dan rumput.

 

Ubah

Ubah tidak cuman serupa seperti koyote dalam soal performa, dan juga menu makanan. Hewan yang populer dengan ekornya yang tebal dan panjang ini ialah pemakan semua. Mereka biasa memburu mamalia kecil, dan juga makan serangga, burung, ikan, buah-buahan, dan rumput.

 

Kuda Nil

Kuda nil ialah contoh lain hewan herbivora yang terkadang menjadi omnivora. Makanan setiap hari hewan yang dapat capai berat 1,5 ton ini ialah rumput. Tetapi mereka pernah dijumpai membunuh dan memakan satu ekor impala, yakni seperti antelop. Dan seperti rusa, kuda nil terkadang mengonsumsi bangkai hewan lain serta bangkai sesamanya sendiri.

 

Piranha

Piranha kerap dilukiskan selaku ikan ganas pemakan daging yang tidak enggan-segan menyerbu manusia. Walau sebenarnya mereka sesungguhnya pemakan tumbuhan lho. Mereka makan beberapa tumbuhan air pada musim penghujan, waktu stok makanan melimpah. Saat stok makanan berkurang pada musim kemarau, baru piranha semakin banyak makan daging.

 

Hiu

Umumnya tipe hiu benar-benar karnivora sejati, tetapi beberapa pakar sudah mendapati spesies hiu pertama yang makan tumbuhan. Itu ialah bonnethead shark alias hiu sekop. Hiu ini rupanya tidak cuman makan ikan dan cumi, dan juga rumput laut. Bahkan juga diprediksi 60 % dari makanan setiap hari hiu ini ialah rumput laut.

 

Burung Beo

Beo sang burung yang populer jago tirukan suara manusia rupanya omnivora. Sejumlah besar makanan mereka ialah beberapa bijian dan buah-buahan, tetapi mereka suka juga makan serangga. Beo yang dipiara bahkan juga terkadang makan daging yang diberi pemilik mereka. Tetapi hal tersebut tidak disarankan sebab beo dengan alamiah tidak pernah makan daging.

 

Itu 7 hewan yang kemungkinan sejauh ini kita anggap selaku herbivora atau karnivora, tetapi rupanya omnivora. Ada yang makan daging dan tumbuhan dengan alamiah, ada pula yang tergantung pada kondisi. Bagaimana, kamu tidak sangka kan?

Leave a Reply