5 Cara Melakukan Promosi Bisnis Saat Pandemi

Salah satu tipe usaha yang disukai di tengah-tengah wabah ialah usaha rumahan. Dapat di ngomong, usaha ini cukup ringkas dilaksanakan dan pas sebagai pekerjaan sambilan atau khusus. Sejak diterapkannya PSBB karena pandemi virus corona, mau tidak mau semua rutinitas dilaksanakan dari rumah.

Maka untuk Anda yang ingin memperoleh penghasilan tambahan tak perlu keluar dari rumah, yok dicoba saja jualan dari rumah. Dimulai dari mencari gagasan usaha rumahan apa yang dapat Anda lakukan. Lantas, bikinlah taktik promo yang pas supaya berjualan Anda bisa berkompetisi dengan pelaku bisnis rumahan yang lain.

Taktik berjualan juga ada beberapa macamnya, Anda tidak perlu kurang percaya diri, dalami langkah promo usaha rumahan yang efisien dan efektif ini, sama seperti yang akan kami ulas di bawah ini.

 

Promosi Langsung, dari Mulut ke Mulut

Jangan menyepelekan pemasaran bisnis yang mudah dengan cara tradisional ini. Walau banyak ditinggal, tetapi sistem promo dari mulut ke dalam mulut cukup efisien. Langkah ini benar-benar murah dan gampang. Tetapi ingat, kerjakan dengan yang betul ya, gunakan masker saat Anda keluar dari rumah.

Lalu, promokan contoh produk Anda dengan bertandang ke sejumlah rumah tetangga. Seumpama, Anda berjualan kue atau masakan ciri khas lebaran, bagi tester makanan ke tetangga atau famili atau rekan kantor.

Jangan lupa masukkan harga, potongan harga dan nomor telpon yang dapat dikontak untuk pesan kue. Makin beberapa orang yang mengenali produk, karena itu kesempatan memperoleh konsumen baru makin terbuka lebar.

 

Promosi Melalui Sosial Media

Gunakan media sosial, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Line dan TikTok untuk promo berjualan Anda. Jika Anda tidak niat membuat account medsos khusus produk berjualan, tidak apa-apa. Cukup pakai account medsos individu dan peroleh calon konsumen dari contact rekan dan famili Anda.

Yakinkan Anda membuat caption dan photo produk yang memikat agar mendapatkan tanggapan yang bagus. Di lain sisi, langkah ini akan efisien jika Anda punyai banyak pengikut. Coba untuk sekreatif kemungkinan dan seagresif kemungkinan promo lewat media sosial Anda.

Jika Anda punyai kenalan yang punyai banyak pengikut, Anda dapat meminta kontribusi mereka bikin promokan berjualan Anda agar cepat laku. Disamping itu, Anda bisa juga meminta kontribusi artis-artis yang buka free promote posting berjualan juga.

 

Jualan di Marketplace

Di zaman digital saat ini, jumlah marketplace yang datang di Indonesia makin banyak. Agar usaha rumahan Anda cepat laku, banyak pembelinya. Anda dapat jualan di marketplace. Kuncinya, jangan malas dalami langkah jualan di marketplace. Kerjakan penelitian, dalami langkah gratis dari internet, lalu kerjakan sendiri.

Dimulai dari buat simbol simpel produk Anda, dalami langkah unggah photo produk, buat deskripsi produk sampai sistem pembayaran/pengangkutan. Anda dapat manfaatkan lebih satu marketplace untuk berjualan. Rerata gratis untuk berjualan di situ, tetapi pasti ada beberapa kompetitor.

Maka jika ada anggaran ongkos promo, pasang iklan saja di marketplace itu supaya produk Anda dapat berada di halaman khusus penelusuran.

 

Gunakan Jasa Endorsement

Untuk rasio usaha rumahan yang telah masuk kelompok usaha kelas menengah (UKM) dan lumayan besar pangsa pasarnya. Anda dapat optimalkan promo dengan anggaran khusus yakni gunakan layanan endorsement seperti ajak konten creator atau influencer lokal untuk pasarkan produk Anda.

Langkah ini sudah tentu cukup efisien dan pas target, karena layanan endorsement, seperti video referensial produk sanggup menggedor angka pemasaran sampai berulang-kali lipat. Tetapi ongkos promo ini mahal. Tidak perlu ngoyo, Anda harus selective dan sepertikan dengan anggaran promo. Bila memungkinkannya, mencari influencer yang kembali beramal mempublikasikan secara gratis.

 

Titip Produk ke Warung

Selain marketplace, Anda bisa juga manfaatkan beberapa warung yang ada di seputar rumah Anda. Yakinkan Anda setuju dahulu dengan pemilik warung, dan memberi komisi yang tepat. Lihat kualitas produk berjualan Anda dan lebih bagus melengkapi dengan kontak individu pada paket produk. Karena, ini akan memberikan keuntungan Anda bila ada konsumen ketarik pesan dengan jumlah banyak.

 

Apa saja berjualan usaha rumahan Anda, menjaga selalu kualitas barang berjualan. Janganlah sampai harga terjangkau tetapi rasa tidak karuan. Karena jika kualitas terbangun, pasti usaha Anda akan makin maju cepat tanpa diakui.

Lantas, tentukan taktik pemasaran usaha yang seperti anggaran. Keadaan seperti sekarang ini, pebisnis harus pintar mengurus anggaran supaya berjualan berjalan mulus tidak terganggu.

Leave a Reply