4 Tipe Animasi Dalam Powerpoint yang Perlu Anda Ketahui

Powerpoint mempunyai sarana yang mengagumkan untuk menolong presentasi kita. Diantaranya ialah animasi untuk text, gambar atau shape dalam slide. Sayang, ada beberapa orang yang belum arif dalam memakai animasi dalam slide Powerpoint.

Seringkali sebagian besar sisi slide dianimasikan. Pasti ini punya pengaruh dalam profesionalitas slide atau performa presentasinya. Nah, dalam artikel ini, situs tales of demon and gods akan memperkenalkan 4 type animasi dalam powerpoint dan langkah pemakaiannya secara arif. Apa saja 4 type animasi dalam powerpoint itu? Berikut penuturannya:

4 Tipe Animasi Dalam Powerpoint yang Perlu Anda Ketahui

 

1- ENTRANCE (ANIMASI MASUK)

Pada gambar di atas, entrance atau animasi masuk dilambangkan dengan ikon warna hijau. Arah animasi entrance ialah membantu mata audience untuk mengikut presentasi Anda lebih gampang. Tak perlu seluruh faktor dalam slide Anda dikasih animasi entrance. Cukup sisi text, gambar atau shape yang kurang lebih perlu untuk diterangkan satu demi satu ke audience.

Ada banyak animasi entrance yang menurut saya cukup bagus untuk membantu mata audience, yakni fade: animasi masuk di dalam slide dengan halus; fly in: membantu mata audience untuk mengenali arah hadirnya faktor dalam slide; dan wipe: mempermudah audience untuk membaca jalur slide presentasi.

 

2- EMPHASIS (ANIMASI DI TEMPAT)

Animasi ke-2 ialah emphasis atau animasi dalam tempat. Dibagian animasi Powerpoint, ikon emphasis dilambangkan dengan warna kuning. Emphasis dipakai untuk menegaskan sisi yang utama di dalam slide, entahlah itu text, gambar atau shapes.

Dua animasi emphasis yang saya referensikan untuk Anda, yakni grow-shrink: membesarkan faktor slide yang pengin diprioritaskan dan fill colour: untuk menegaskan / memusatkan arti penting dalam satu text dalam slide.

 

3- EXIT (ANIMASI KELUAR)

Seterusnya ada exit atau animasi yang menolong faktor dalam slide untuk keluar dari penampilan slide Powerpoint. Lambang iconnya, warna merah. Animasi exit ditambah dalam slide bila kita berasa ada faktor yang perlu di hilangkan dalam slide. Seperti entrance, ada tiga animasi exit yang saya referensikan untuk Anda, yakni fade out, fly out dan wipe out.

 

4- MOTION PATH (ANIMASI PERGERAKAN)

Animasi paling akhir dari 4 type animasi dalam slide Powerpoint ialah motion path. Dibandingkan 3 tipe animasi awalnya, animasi motion path terhitung jarang-jarang dipakai. Animasi ini dipakai untuk gerakkan text, shape atau gambar dalam slide, seperti gambar di atas ini. Saya mereferensikan Anda menggunakan custom path dan menggambar sendiri motion path seperti keinginan Anda.

 

Nah, inilah 4 type animasi dalam slide powerpoint, semoga bermanfaat untuk presentasi Anda. Terimakasih

Leave a Reply